Bahasa IndonesiaID
Audiensi Program INKLUSI dengan Accor Hotels Group Jawa Timur

Posted on Februari 16, 2023 by superadmin_inklusi


“Menemukan mitra yang memiliki visi dan misi yang sama adalah hal yang luar biasa. Seperti hari ini, pertemuan dengan Program INKLUSI, SIGAB, dan PKBI adalah takdir, karena kami sangat bersemangat untuk mengadakan kegiatan dan acara kolaborasi terkait Kebhinekaan dan Inklusi. Kami berharap Accor, Program INKLUSI, SIGAB dan PKBI akan berkolaborasi untuk berbaur dan mempengaruhi Difabel, Anak, dan Transpuan dalam kehidupan kita sehari-hari secara inklusif.” -Ina Rianawati (General Manager Ibis Styles Malang)

Pada 11 Juli 2022, Program INKLUSI memfasilitasi pertemuan antara Accor Hotels Group untuk wilayah Jawa Timur dengan PKBI dan SIGAB guna mendorong kerja sama dalam rangka pemulihan ekonomi kelompok marginal pasca COVID-19. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Ina Rianawati selaku General Manager Hotel Ibis Styles Malang sekaligus pihak yang dipercaya oleh Accor Hotels Group Jawa Timur dalam mengelola dana Company Social Responsibility (CSR). Selain itu, hadir juga Treti Christina K. selaku Cluster Director of Talent & Culture dan Vici selaku HRD Ibis Styles Malang.

Accor Hotels Group memiliki 137 hotel yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Sebagai salah satu brand hospitality internasional, Accor Hotels Group memiliki komitmen terhadap isu inklusivitas yang sudah cukup lama dijalankan dan dituangkan dalam 8 Commitment Diversity at Accor Hotels. Delapan hal penting yang diatur di dalam komitmen tersebut adalah: 1) Komitmen untuk memerangi segala bentuk diskriminasi berbasis sosial atau budaya, jenis kelamin, usia, disabilitas, keyakinan/agama, orientasi seksual, status keluarga, status perdagangan, kegiatan serikat pekerja, atau alasan lain yang dilarang oleh hukum; 2) Komitmen untuk menempatkan keterampilan di jantung manajerial dan sumber daya manusia untuk mendukung pengembangan bakat dan kemampuan setiap orang secara adil; 3) Komitmen untuk menyediakan alat dan sumber daya yang diperlukan oleh karyawan sehingga memungkinkan mereka mengatasi persoalan keragaman; 4) Komitmen untuk mempromosikan keragaman dan memberikan panduan yang memungkinkan hal itu dapat dipraktikkan; 5) Komitmen untuk mengambil peranan sebagai Duta Keragaman bagi para mitra kerja ataupun supplier-nya; 6) Komitmen untuk mengakui segala bentuk keragaman dan melakukan penyesuaian terhadap berbagai layanan yang diberikan, khususnya untuk pelanggaran perempuannya; 7) Komitmen untuk mendorong diskusi dan memberikan penilaian terhadap dampak dari praktik keragaman yang dilakukan; dan 8) Komitmen untuk menjadikan keragaman sebagai bagian dari pendekatan dan strategi kerja yang diadopsi di tingkat manajerial tertinggi perusahaan.

Sejak 2012, Accor Hotels Group menggagas program sosial kemasyarakatan Planet 21 sebagai bagian penting dalam strategi bisnis Accor dengan melibatkan seluruh jaringan hotel, karyawan, dan para tamu. Program tersebut merupakan sebuah rencana aksi bidang lingkungan yang ditandatangani oleh 173 kepala negara dalam Konferensi Tingkat Tinggi Bumi (Earth Summit) di Rio de Janeiro pada 1992 lalu. Salah satu aksi yang terdapat di dalamnya adalah membuat kebun hidroponik di halaman Hotel Grand Mercure sebagai tempat pelatihan tanaman hidroponik bagi para remaja yang berasal dari berbagai latar belakang, termasuk penyandang disabilitas.

Dalam pertemuan yang dilakukan selama dua jam tersebut, pihak Accor Hotels Group menyampaikan beberapa hal, di antaranya:

  • Accor Hotels Group menyambut baik tawaran kerja sama dari PKBI dan SIGAB karena Program INKLUSI sendiri memiliki kesamaan tujuan dengan berbagai program dan usaha mendorong ketenagakerjaan inklusif di Accor Hotels Group.
  • Accor Hotels Group merespons ajakan kerja sama dari program INKLUSI lewat berbagai tawaran kolaborasi: 1). seperti dinas sosial, Balai Latihan Kerja (BLK), dll. 2). Accor Hotels Group membuka kesempatan bagi anak-anak yang berhadapan dengan hukum (ABH) untuk melakukan kegiatan home visit dengan mengunjungi salah satu hotel Accor yang ada di wilayah Jawa Timur. 3). Accor Hotels Group membuka kesempatan kerja sama lebih lanjut bagi waria untuk terlibat dalam beberapa event yang akan dilakukan di hotels Accor. 4). Accor Hotels Group menyampaikan bahwa tidak semua anggota tim atau karyawan yang ada telah memiliki pengetahuan tentang disabilitas, waria, dan ABH, serta bagaimana cara yang tepat untuk berinteraksi dengan mereka sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dalam memperlakukan tamunya. 5). Accor Hotels Group membuka peluang kerja sama dengan PKBI untuk memperingati Hari Anak yang akan dilakukan di LPKA Blitar.

Pertemuan yang berlangsung hangat dan menyenangkan tersebut kemudian ditutup dengan house tour ke beberapa spot menarik yang biasa digunakan oleh para tamu Hotel Accor untuk berfoto.

Dalam perjalanan ke beberapa titik tersebut, terdapat beberapa akomodasi layak yang disiapkan oleh Accor Hotels Group untuk para penyandang disabilitas. Ketua PPDIS, Luluk Aryantiny, yang juga ikut hadir dalam audiensi ini bahkan sempat melakukan review toilet disabilitas yang ada di hotel tersebut. Sedikit catatan dari review tersebut adalah terdapat lantai yang sedikit tidak rata di pintu masuk toilet, namun masih tetap bisa dilalui oleh pengguna kursi roda.

Berita Terkait

Copyright © 2024 INKLUSI, Inc. Hak Cipta Dilindungi.