INKLUSI LOGO Full Color Stacked - English

Pendekatan

Tujuan utama INKLUSI adalah untuk memastikan bahwa tidak ada seorang pun yang tertinggal ketika kelompok yang terpinggirkan berpartisipasi dan mendapatkan manfaat dari keputusan-keputusan yang berkaitan dengan pembangunan di Indonesia.

Icon INKLUSI Vacancy

Bagaimana INKLUSI Bekerja

INKLUSI memanfaatkan keahlian mitra organisasi masyarakat sipil untuk memajukan inisiatif kesetaraan gender, disabilitas, dan inklusi sosial, termasuk bagi individu atau kelompok yang paling terpinggirkan dan paling sulit dijangkau.

INKLUSI mendukung mitra masyarakat sipil untuk memperkuat kapasitas organisasi mereka untuk memastikan keberlanjutan.


INKLUSI menghubungkan masyarakat sipil dan mitra pemerintah serta memfasilitasi aksi kolektif dan kolaborasi untuk memajukan inisiatif yang berfokus pada kesetaraan gender, disabilitas, dan inklusi sosial.

INKLUSI bekerja untuk mengidentifikasi berbagai faktor yang menentukan kemampuan individu atau kelompok yang terpinggirkan untuk berpartisipasi dan mendapatkan manfaat penuh dari pembangunan.

INKLUSI berupaya memahami berbagai cara kompleks dan berlapis yang menyebabkan terjadinya diskriminasi dan pengucilan, serta dampaknya pada masyarakat, dengan bekerja sama dengan mitra-mitra di Indonesia untuk mengatasi hambatan ini dan memastikan tidak ada yang tertinggal.

Fokus Isu INKLUSI

Program INKLUSI fokus pada inklusi yang menyeluruh, termasuk bagi perempuan, individu atau kelompok dengan disabilitas, dan kelompok-kelompok yang terpinggirkan lainnya. Secara khusus, INKLUSI bekerja untuk meningkatkan inklusi melalui empat prioritas berikut:

Pendekatan - INKLUSI

Meningkatkan Akses
ke Layanan Dasar

Pendekatan - INKLUSI

Perlindungan
dari Kekerasan

Icon INKLUSI Economic Resilience

Ketahanan Ekonomi dan Penghidupan

Pendekatan - INKLUSI

Partisipasi yang Inklusif Dalam Pembangunan

Untuk mewujudkan ini, INKLUSI melakukan berbagai kegiatan berikut:

Pendekatan - INKLUSI
Memfasilitasi Aksi Kolektif

INKLUSI menyatukan mitra-mitra masyarakat sipil sehingga mereka dapat menyepakati, dan mengejar, prioritas-prioritas untuk lebih memajukan kesetaraan gender, disabilitas, dan inklusi sosial.


Mendorong Dialog
Mendorong Dialog

INKLUSI memfasilitasi dialog dan pertukaran informasi mengenai kesetaraan gender, disabilitas dan inklusi sosial antara masyarakat sipil, pemerintah dan penyedia layanan untuk memperkuat inklusi melalui koordinasi dan konsistensi.

Memberi Dukungan dan Saran
Memberi Dukungan dan Saran

INKLUSI bekerja bersama para mitra untuk memperkuat pendekatan mereka terhadap kesetaraan gender, inklusi disabilitas, dan inklusi sosial.



Menangkap dan Mengumpulkan Bukti
Menangkap dan Mengumpulkan Bukti

INKLUSI mengumpulkan bukti kuat yang dapat digunakan oleh para advokat, pembuat kebijakan, akademisi, dan pihak lain dalam upaya mereka mencapai kemajuan menuju kesetaraan gender dan inklusi sosial.

Pengelolaan Hibah
Pengelolaan Hibah

INLKUSI memberikan dan mengelola hibah multi-tahun kepada mitra masyarakat sipil.




INKLUSI Approach-Evidence-based

Pendekatan
yang dipertimbangkan dan berbasis bukti

INKLUSI mengumpulkan bukti terkait pengalaman yang kompleks dan dialami langsung oleh orang-orang yang terpinggirkan. Kami kemudian bermitra dengan organisasi masyarakat sipil di Indonesia dalam menggunakan pengetahuan ini untuk mengatasi berbagai hambatan yang dihadapi oleh kelompok yang terpinggirkan agar dapat berpartisipasi dan mendapatkan manfaat dari pembangunan di Indonesia.

Untuk melakukan ini, kami memulai dengan pemahaman bahwa individu atau kelompok yang terpinggirkan mungkin mengalami hambatan berlipat-lipat dalam pembangunan, mungkin berupa hambatan fisik, identitas, atau karakteristik lainnya. Contohnya, seseorang bisa dirugikan atas dasar gender, disabilitas yang disandangnya, atau lokasi tinggalnya yang terpencil.

Ketika seseorang atau sekelompok orang mendapati bahwa mereka tidak dapat sepenuhnya berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat karena satu atau beberapa faktor, terkadang sulit bagi mereka untuk mengatasi hambatan yang mereka hadapi.

Dengan menggunakan pendekatan yang dipertimbangkan dan berbasis bukti untuk mengidentifikasi dan memahami berbagai hambatan tersebut, INKLUSI bersama mitra-mitra kami dapat lebih akurat menentukan kebutuhan dan melakukan advokasi untuk menciptakan perubahan yang dibutuhkan agar tidak ada seorangpun yang tertinggal dalam pembangunan.

Logika Program INKLUSI

Prinsip INKLUSI

Kegiatan
INKLUSI

  • Pengelolaah hibah
  • Fasilitasi aksi kolektif
  • Mengadakan dialog
  • Saran dan bantuan teknis termasuk. GEDSI; dan pemantauan, evaluasi, penelitian, dan pembelajaran
  • Dukungan kerjasama dengan pemerintah dan pemangku kepentingan lain

Kapasitas CSO

Mitra CSO menjalankan mandat mereka secara kompeten, adaptif, akuntabel, dan responsif terhadap GEDSI


Kemitraan Pemangku Kepentingan dan Aksi Kolektif

Penguatan koordinasi, dialog kebijakan dan kolaborasi Mitra CSO, pemerintah, sektor swasta dan pemangku kepentingan utama dalam kebijakan dan diskursus publik

Hasil Langsung

Mitra CSO melakukan pemberdayaan masyarakat masyarakat di bidang:

  • Akses ke layanan dan perlindungan dari kekerasan
  • Partisipasi inklusif masyarakat
  • Pemulihan ekonomi dan mata pencaharian

Efek demonstrasi

Lingkungan pendukung

Hasil Sistemik

Mitra CSO, Pemerintah Indonesia, dan pemangku kepentingan lain berkolaborasi untuk mempengaruhi perubahan sistemik dalam:

  • Proses kebijakan Pemerintah Indonesia
  • Lingkungan pendukung CSO
  • Norma sosial dan diskursus publik

Tidak seorangpun tertinggal: Lebih banyak masyarakat marjinal berpartisipasi dan mendapat manfaat dari keputusan tentang pembangunan sosial budaya, ekonomi, dan politik Indonesia.

Tujuan

Untuk memperkuat kontribusi masyarakat sipil, dalam kemitraan dengan pemerintah, untuk kesetaraan gender, pemenuhan hak penyandang disabilitas dan inklusi sosial bagi kelompok masyarakat marjinal.