INKLUSI LOGO Full Color Stacked - English

Migrant Day 2023: Musyawarah Perencanaan Pembangunan ‘Perlindungan Pekerja Migran Indonesia’ untuk Menghormati Kontribusi dan Hak-Hak Pekerja Migran.

Migrant CARE memperingati Hari Pekerja Migran Internasional dengan menyelenggarakan kegiatan bertema ‘Migrant Day 2023: Menghormati Kontribusi dan Hak-Hak Pekerja Migran’ selama tiga hari, mulai 18 hingga 20 Desember 2023, di The Margo Hotel, Jawa Barat. Kegiatan yang didukung oleh Program INKLUSI ini, dihadiri oleh pemerintah nasional dan daerah terkait, para purna Pekerja Migran Indonesia (PMI) maupun yang masih aktif bekerja, jaringan pekerja migran dari berbagai negara, serta lembaga-lembaga terkait lainnya.

Acara ini digelar secara daring dan luring ini menampilkan beragam kegiatan, seperti diskusi publik, peluncuran modul pra-keberangkatan pekerjamigran, pemutaran film, pameran foto, pertunjukan musik, dan malam ekspresi budaya dari  Desbumi Migrant CARE, yang merupakan komunitas purna PMI dari berbagai wilayah di Indonesia. 

Migrant Day 2023: Musyawarah Perencanaan Pembangunan 'Perlindungan Pekerja Migran Indonesia' untuk Menghormati Kontribusi dan Hak-Hak Pekerja Migran. - INKLUSI

Salah satu bagian penting adalah pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) bertema ‘Perlindungan Pekerja Migran Indonesia’ dalam rangkaian Migrant Day 2023. Ini merupakan ruang kesempatan bagi pekerja migran dan purna PMI yang didampingi oleh Migrant CARE untuk menyuarakan aspirasi mereka agar isu pekerja migran tidak tertinggal dalam perencanaan pembangunan. Hasil dari Musrenbang Perlindungan Pekerja Migran ini diharapkan akan menjadi pijakan bagi perbaikan kebijakan dan perlindungan yang lebih baik bagi pekerja migran.

Migrant CARE juga menampilkan Produk Pengetahuan dan Komunikasi, termasuk Kanal Migran di RRI Digital, Riset Potensi Ekonomi Purna Migran, dan Nawala Migrant CARE. Semua inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terkait tantangan pekerja migran, praktik baik mengatasi isu-isu tersebut, dan serta membangun konektivitas antara pekerja migran dan masyarakat untuk mendukung hak-hak mereka.

Direktur Eksekutif Migrant CARE, Wahyu Susilo, menyatakan, “Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya kita untuk memastikan perlindungan pekerja migran menjadi perhatian penting dalam agenda jangka panjang pembangunan nasional.” 

Migrant Day 2023: Musyawarah Perencanaan Pembangunan 'Perlindungan Pekerja Migran Indonesia' untuk Menghormati Kontribusi dan Hak-Hak Pekerja Migran. - INKLUSI

Melalui Program INKLUSI, Migrant CARE berupaya untuk memperjuangkan hak-hak pekerja migran dengan fokus pada pemulihan ekonomi dan sumber penghasilan pekerja migran dan purna PMI. Ini dilakukan terutama melalui penguatan usaha ekonomi kelompok dan koperasi, advokasi perlindungan sosial bagi pekerja migran dan keluarganya, serta dukungan terhadap ketenagakerjaan yang inklusif.

Silakan mengakses kanal YouTube Migrant Care untuk melihat secara lengkap rangkaian acara Migrant Day 2023 melalui tautan https://www.youtube.com/@migrantcareTV

Icon Inklusi

Berlangganan Nawala INKLUSI

Berlangganan Nawala INKLUSI untuk mendapatkan informasi terbaru tentang program dan upaya advokasi kami. Bersama, kita bisa membangun masyarakat yang lebih inklusif dan adil!