Bahasa IndonesiaID
Merayakan Hari Anak Nasional di LPKA Kupang

Posted on Februari 28, 2023 by Dhina Kartikasari


Pada tanggal 21 Juli 2022, Sekretariat INKLUSI bersama mitra INKLUSI, yaitu Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), mengunjungi Pusat Koreksi Anak Kupang (LPKA) di Provinsi NTT untuk memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli. Saat ini, LPKA Kupang membina 24 anak. Pusat ini memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan fisik, kerajinan tangan, dan pelatihan untuk mengembangkan keterampilan vokasional mereka. Untuk merayakan Hari Anak, mereka mengadakan pertunjukan dan berkemah di lapangan LPKA.

Melalui INKLUSI, PKBI bekerja sama dengan Undana untuk memberikan dukungan psikologis kepada anak-anak di pusat tersebut dan memfasilitasi akses ke layanan pemerintah serta program esensial lainnya, termasuk identitas hukum. Bersama PKBI, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah membantu LPKA Kupang dalam membentuk Forum Anak dan Forum Keluarga, serta membantu seorang gadis berusia 15 tahun dalam peninjauan kasusnya. Seorang anak dari Forum Anak LPKA Kupang dipilih sebagai duta Forum Anak Kabupaten Kupang.

Dengan dukungan INKLUSI, PKBI akan terus berkolaborasi dengan pusat Kupang, sektor swasta, dan masyarakat untuk membantu anak-anak setelah mereka meninggalkan fasilitas tersebut melalui pelatihan yang sesuai dan pengembangan keterampilan, membangun sistem dukungan sebaya, dan menjalin kembali hubungan dengan keluarga.

Hari Anak Nasional menjadi pengingat bahwa masih banyak anak yang membutuhkan perlindungan, dan kita masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan bersama untuk perlindungan anak-anak.

Berita Terkait

Copyright © 2024 INKLUSI, Inc. Hak Cipta Dilindungi.